POPULER

Dari 4 Dec 2012

Sunday 8 March 2015

WASIR - Obat, Pemeriksaan dan Pencegahan

Wasir adalah penyakit yang sangat personal, melibatkan tempat yang amat sulit dan kadang memalukan bagi kebanyakan orang. Mungkin anda telah lama tersiksa oleh wasir / ambien atau hemorrhoid dan ketahuilah wasir adalah satu diantara penyakit yang sering dialami oleh penduduk di Indonesia. Wasir bisa terjadi pada semua umur, baik pria maupun wanita.

Anda mungkin mencari-cari pengobatan terbaik dan aman. Pembedahan sering terasa amat menakutkan dan terdapat risiko pendarahan dan rasa nyeri pasca pembedahan. Pengobatan wasir alternatif sering dicoba namun wasir sering berulang kembali.
Tulisan ini memberikan informasi tentang  Pemeriksaan wasir dan Pencegahan wasir dan Obat wasir.
Mudah-mudahan tulisan ini dapat memberikan manfaat bagi keluhan semua jenis wasir.
Pengalaman Siti Nuryanti, alumnus Fakultas Pertanian UGM
3 tahun lamanya Siti Nuryanti menderita wasir sejak melahirkan anak pertamanya. Siti meminum VCO setiap hari usai makan. Hasilnya ambeien sembuh tanpa operasi.
(Sumber: Majalah Trubus, September 2005)

Cara Pakai:
2 sendok makan (boleh juga 3 sendok makan) VCO dicampur dengan 1 buah tomat rebus, sehari 3 kali, secara rutin selama 4 minggu.
WASIR - AMBEIEN - HEMORRHOID dan KONSTIPATI atau SEMBELIT
Didunia kedokteran wasir atau ambeien (Hemorrhoids atau haemorrhoid) biasanya diobati dengan cara operasi (pembedahan). Bila mendengar kata operasi yang terlintas dalam pikiran kita pasti peralatan operasi yang menakutkan, pemulihannya yang cukup lama dan Biaya nya!.
Haemorrhoid merupakan pelebaran pembuluh darah di bawah selaput lendir anus (flexus hemorrhoidal) menjadi semacam benang kusut sehingga membentuk gumpalan atau benjolan.
Kebanyakan haemorrhoid ini terjadi di dalam, sehingga disebut Haemorrhoid Interna. Karena letaknya di dalam inilah yang sering merepotkan penderitanya. Sedangkan wasir yang terjadi di luar atau Haemorrhoid Externa
Menurut konsep kedokteran Barat, Hemorrhoids terjadi karena terhambatnya aliran darah menuju jantung, sehingga pembuluh darahnya melebar.
Sedangkan menurut konsep kedokteran Timur yang menjelaskan bahwa terjadinya Hemorrhoids bukan semata-mata ada hambatan backflow, tapi karena struktur anusnya juga bermasalah.
Ini didukung oleh penelitian yang menyatakan 90% wasir disebabkan oleh faktor keturunan. Karena adanya faktor keturunan, berarti struktur anus yang bermasalah.
Pada anus terdapat otot lingkar yang mencengkeram terus selama 24 jam. Ia hanya berelaksasi ketika ada kotoran hendak keluar. Diduga, wasir terjadi karena ada bagian yang lemah dari struktur anus pada pencengkeram itu.
Karena itu, dalam mengobati wasir, tidak cukup dengan mengobati wasirnya, tapi kontraksi otot anusnya pun harus diperbaiki,” ungkap dr. Niko M. Manaf, ahli bedah digestif RS. Kartika, Polumas, Jakarta.

KONDISI HAEMORRHOID DIBEDAKAN ATAS 4 TINGKAT.
Tingkat pertama, hanya terjadi perdarahan dengan rasa gatal.
Tingkat kedua, terjadi perdarahan disertai rasa sakit dan munculnya benjolan kecil yang belum mengganggu proses buang air besar.
Tingkat ketiga, adanya perdarahan dengan benjolan yang keluar sesudah buang air besar, tetapi dapat masuk sendiri.
Tingkat keempat ditandai dengan benjolan yang nongol setelah buang hajat tidak dapat masuk sendiri, sehingga harus dibantu untuk memasukkannya kembali.
Bahkan, dr. Niko M. Manaf menambahkan gradasi kelima, yakni ketika benjolan tidak dapat didorong masuk kembali. Ini terjadi lantaran adanya proses fibrosis (pengerasan) atau pembentukan thrombosis (pembekuan darah). Pada tingkat ini penderita biasanya sangat kesakitan.
Perbedaan tingkatan hemoroid inilah yang kemudian membedakan cara penanganannya. Untuk kasus ringan biasanya cukup dikendalikan dengan minum, makan menu tinggi serat dan buang hajat secara rutin. Krim mengandung obat kortikosteroid dan bahan anestetik lokal dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri. Namun, kemungkinan munculnya kembali hemorhoid masih terbuka lebar.
Pada stadium lanjut biasanya dilakukan tindakan operasi pengangkatan wasir.
Tetapi kenyataannya, banyak ditemukan masalah yang ditimbulkan akibat operasi pengangkatan wasir. Untuk info detil masalah akibat operasi wasir, anda bisa mencarinya di internet seperti di blog PaYayat Healing House, kurang lebih seperti itulah konsep kedokteran. Hubungannya selalu dengan obat kimia, sedangkan untuk yang berat, pasti pembedahan alias operasi.
Tapi jaman sudah berubah. Tidak sedikit dokter yang sekatang beralih ke obat-obatan herbal karena berdasarkan penelitian medis, ternyata banyak sekali herbal yang bisa digunakan untuk pengobatan tanpa efek samping dan bisa benar-benar sembuh.

VCO Herbal Paling Ampuh Untuk OBAT WASIR
VCO (Virgin Coconut Oil) mengandung Medium Chain Triglyseride (MCT) yang mirip dengan lemak yang terdapat dalam air susu ibu (ASI).
MCT ini mempunyai efek nutrisi yang sama dengan ASI. dan MCT inilah yang menjadikan VCO bisa mengobati berbagai macam penyakit termasuk WASIR.
Sifat antimikroba MCT pada minyak kelapa murni (VCO) membantu tubuh menghilangkan bakteri dan Virus penyebab penyakit. VCO juga kaya serat sehingga melancarkan Buang Air Besar (BAB) dan mengurangi pembengkakan.

GEJALA WASIR
Adanya tonjolan daging yang pangkalnya dari pinggir atau sekitar lubang anus. Suatu saat tonjolan ini akan membesar dan membengkak serta nyeri. Kadang akan mengeras karena darah di wasir menggumpal. Daerah ini sensitif terhadap nyeri karena banyak mengandung syaraf. Dalam kondisi seperti ini, bila duduk maka wasir akan terjepit bokong sehingga makin nyeri. Duduk harus posisi miring. Sangat tidak nyaman dan mengganggu kualitas hidup.

GEJALA WASIR - DALAM
Pada stadium awal (stadium 1) tonjolan daging masih di dalam saluran anus-rectum tanpa rasa nyeri. Tetapi sering timbul rasa tidak nyaman, rasa panas di dalam anus atau di pinggul belakang. Feces yang keras dapat merobek dinding Wasir sehingga berdarah (berak darah/ darah segar menetes). Bila tidak diobati, wasir akan semakin membesar dan akan keluar dari lubang anus setiap mengejan / buang air besar.
(stadium 2 atau 3) Kadang terjadi spasme otot sphincterani yang akan menjepit gumpalan wasir yang keluar sehingga tidak dapat masuk lagi walaupun didorong dengan jari tangan.
(stadium 4) Kondisi ini akan menyebabkan nyeri hebat dan harus segera ditangani oleh dokter.

PEMBAGIAN STADIUM WASIR - DALAM.
Stadium 1, tanpa keluhan atau bila BAB keras, sering disertai darah segar tanpa terasa nyeri.
Stadium 2, bila waktu BAB keluar daging dari dalam anus tetapi masuk spontan bila selesai mengejan.
Stadium 3, bila daging yang keluar dari lubang anus cukup besar dan untuk memasukkan kembali harus didorang masuk dengan jari tangan.
Stadium 4t, bila daging yang keluar dari lubang anus tidak dapat dimasukkan lagi kedalam lubang anus karena terjepit oleh otot spincterani yang kontraksi.

PENYEBAB WASIR.
Mengejan, Faktor Genetik, kurang konsumsi sayur dan buah serta kurang minum air, kehamilan, menunda buang air besar, konstipasi (sembelit), diare kronis, angkat beban terlalu berat, terlalu lama duduk atau berdiri, usia lanjut.

Mengejan
Waktu mengejan menyebabkan peningkatan tekanan dalam rongga perut dan tekanan dalam vena di daerah anus-rectal sehingga lebih banyak darah ke daerah tersebut dan mengakibatkan vena lebih lebar dan menonjol sehingga akan memicu terjadinya wasir.

Faktor Genetik
Adanya kelemahan dinding vena di daerah anus-rektum yang di dapat sejak lahir akan memudahkan terjadinya wasir setelah mendapat provokasi tambahan seperti mengejan terlalu kuat atau terlalu lama, dan konstipasi.

Kurang Konsumsi Sayur dan Buah serta Kurang Minum Air.
Sayur dan buah banyak mengandung serat untuk membentuk feces menjadi lebih besar, lunak dan lebih basah, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Minum banyak air akan menyebabkan feces (kotoran) lebih lunak lagi.

Kehamilan
Beratnya kandungan berisi bayi akan menekan vena di daerah anus-rektum untuk waktu yang panjang selama kehamilan hingga melahirkan. Hal ini akan menyebabkan vena di anus-rektum membengkak dan menonjol menjadi wasir. Konstipasi sering terjadi pada kehamilan. Hal ini akan memperparah kondisi wasir yang ada.

Menunda Buang Air Besar (BAB)
Menunda buang air besar sering mengakibatkan hilangnya keinginan untuk ke toilet. Bila hal ini berlangsung berhari hari maka feces yang tersimpan di rectum akan semakin keras dan kering sehingga untuk mengeluarkan harus mengejan kuat.

Diare Kronis
Feces (kotoran) yang lembek bercampur air yang menyemprot kuat keluar dari lubang anus akan memicu timbulnya Wasir.

Konstipati atau Sembelit.
Sembelit atau Konstipasi menyebabkan seseorang harus mengejan kuat dan lama waktu buang air besar.

Mengangkat Barang Terlalu Berat.
Mengangkat barang yang terlalu berat mempunyai efek seperti mengejan kuat

Duduk Telalu Lama.
Dalam posisi tersebut darah lebih banyak terkumpul pada vena di daerah anus-rektum. Darah hanya akan mengalir lancar bila ada pergerakan badan.

Usia Lanjut.
Orang tua sering konstipasi atau sembelit dan terjadinya kelemahan struktur tubuh termasuk vena di daerah anus-rektum.

APAKAH WASIR BERBAHAYA?
Pada stadium dini, hanya akan mengganggu kualitas hidup. Adanya tonjolan atau darah waktu buang air besar menimbulkan perasaan takut pada penderita. Menjadi sangat mengganggu bila timbul rasa nyeri setelah buang air besar. Adanya perdarahan yang lama akan menyebabkan anemia (muka makin putih, bibir pucat,letih lesu loyo sepanjang hari, pusing dan rasa terjatuh bila berjalan). Hal ini menyebabkan menurunnya semangat dan prestasi kerja.

CARA MENDIAGNOSA WASIR
Pergi ke dokter untuk pemeriksaan-dalam dan anuscopi (pemeriksaan dengan alat khusus untuk melihat anus). Adapun cara pemeriksaan-dalam untuk wasir, yaitu posisi pasien tidur terlentang atau miring. Dokter dengan sarung tangan karet yang sudah diolesi dengan jelly pelumas, memeriksa kondisi sekitar anus dan didalam saluran anus-rektum untuk mencari adanya benjolan, luka atau pusat nyeri.

PEMERIKSAAN ANUSCOPI
Merupakan kelanjutan dari pemeriksaan dalam, dengan alat Anuscope yang berbentuk corong kecil yang sudah dilapisi jelly pelumas dimasukkan kedalam lubang anus untuk melihat secara langsung kondisi didalam saluran anus-rectum. Dengan anuscopi dapat dilihat lokasi wasir, besarnya wasir, bentuk wasir dan jumlah Wasir. Pemeriksaan ini adalah untuk membedakan dengan penyakit lain seperti Fissure Ani, Fistel, Polip, Abces, Kanker Ani yang gejala nya mirip wasir. Pemeriksaan ini tidak menimbulkan rasa nyeri.

PENCEGAHAN WASIR
Semua orang tahu bahwa mencegah itu lebih baik dari mengobati, tetapi tidak banyak yang mau melakukan langkah pencegahan. Malah banyak penderita wasir yang tidak mengindahkan tentang teramat penting nya mencegah dan menjaga hal dibawah ini:
1. Menjaga makanan yang sehat dan mengkonsumsi makanan tinggi serat untuk menghindari susah Buang Air Besar.
2. Olahraga teratur karena dapat membantu mencegah sembelit
3. Jika pekerjaan anda sentiasa duduk, sekali-kali anda perlu bangun dan berjalan sekurang-kurangnya 5 menit setiap jam. Bergerak-geraklah di kursi anda supaya dapat menghindari tekanan langsung dari rektum.
4. Hembuskan nafas keluar apabila anda tegang atau ketika mengangkat sesuatu. Jangan menahan nafas anda.
5. Dapatkan pengobatan awal untuk mengatasi batuk dan sembelit anda karena wasir sering terjadi sesudah masalah ini berkepanjangan.
6. Jangan membaca atau beristirahat santai di dalam toilet.
7. Hindari mengedan terlalu kuat saat buang air besar, ini dapat dilakukan dengan memastikan feses anda senantiasa lembut dan juga dengan duduk secara jongkok saat buang air besar. Buang air besar secara duduk tidak melancarkan proses defekasi dan anda perlu mengedan lebih kuat untuk mengeluarkan semua feses anda.
8. Jika cara-cara diatas gagal, maka anda perlu bertindak segera. Sembelit merupakan satu keadaan di mana pada waktu pagi keadaannya biasa tetapi menjelang malam jadi amat menyiksa.

Cara terbaik mencegah wasir adalah untuk menjaga feses tetap lembut, tidak menahan membuang air besar dan serendah mungkin mengedan diwaktu membuang air besar. Olahraga( termasuk berjalan) dan makanan tinggi serat membantu mengurangi konstipasi dan keperluan mengedan dengan cara membuat feses lebih lembut dan lebih mudah keluar.

Kebanyakan daripada kita hanya ingin mendapatkan ‘quick fixed’yaitu bila mengalami wasir, baru berobat tanpa mau berusaha mencegah secara aktif. Tidak ada satupun pengobatan wasir di dunia ini yang menjamin wasir itu tidak akan berulang kembali bila penderita tidak merubah pola makan dan cara buang air besar. Memastikan tiada konstipasi dan tidak mengedan adalah kunci pencegahan terjadinya wasir.

TIPS UNTUK PENDERITA WASIR
Minum 2 sendok makan VCO yang dicampur dengan tomat masak (tomat rebus) 1 buah. 3x sehari rutin, akan mempermudah buang air besar dan hilangkan nyeri, panas dan perih.
Apabila mempunyai bath tube atau bak besar, berendamlah di air hangat beberapa kali sehari.
Gunakan kompres dingin atau es, untuk mengompres daerah sekitar anus beberapa kali sehari, untuk membantu mengurangi pembengkakan.
Hindari duduk dalam waktu lama karena posisi duduk dapat memberi tekanan pada vena di daerah anus dan rektum. Bila memungkinkan, sebaiknya berdiri atau berbaring menyamping. Bila harus duduk, rubahlah posisi duduk atau berdiri setiap beberapa waktu.
Jaga daerah anus untuk tetap bersih. Gunakan tissue basah yang tidak mengandung parfum dan alkohol. Bila perlu gunakan tissue basah yang khusus untuk penderita wasir.
- Banyak mengkonsumsi makanan tinggi serat untuk menghindari susah BAB
- Minum air yang banyak.
- Banyak bergerak dalam aktifitas sehari-hari
Obat Wasir, Obat Ambeien, Obat Hemorhoid, Obat Konstipati, Obat Constipation, Obat Sembelit, Obat susah Buang Air Besar